Senin, 31 Oktober 2011

Sebulan dinas wajib, next empat bulan dinas bebas (0.o")

Aduhh.. Lama banget ga ngeblog yah, rasanya kangenn.. ckck. Okey, hmmm pengen cerita dinas dulu nih . Yak readers, satu bulan full aku dinas di rumah sakit dari tanggal 12 September – 8 Oktober 2011! 2 minggu pertama dapet di RSUD Arifin Achmad.. Dan 2 minggu kedua di RS Bhayangkara . Sungguh pengalaman yang sangat berharga ^^

Di RSUD Arifin Achmad, aku dapet jaga di ruang Camar III tentang gynecology.. Disana ada pasien-pasien kanker ovarium, tumor, kista, abortus, dan penyakit2 gynecology lainnya. Seru dehh. Diantara banyak pasien, ada beberapa pasien yang aku pegang, maksudnya TJ, hhe. Ini beberapa pasien yang paling ku inget selama dinas di RSUD :
  • Pasien kista ovarium, aku menjulukinya Bu RT. Karena dari  sebelum aku dinas disitu, ibu itu yang paling lamaaaaaaa berada di RS. Sampe2 kalo ada pasien baru, dia yang nunjukin dimana letak toilet, ruang tindakan, dll. Udah kayak ibu RT banget deh, yang hafal seluruh warganya, hha. Warganya dah datang dan pergi, si Bu RT masih belum boleh pulang juga sama dokternya.. Dan tiap pagi tu ibu selalu nyanyi, kalo aku dah selesai melakukan pemeriksaan TTV (tau TTV? mengukur tekanan darah, suhu, nadi, dan pernapasan pasien) pasti terdengar tuh lagu dangdut dari suara ibu itu, hihi walau lagi sakit tetep periang yah :D
  • Pasien menopouse, sebut saja ibu P, waduhh aku iri banget liat ibu ini ama suaminya. Kakek nenek yang sangat romantisss, mulai dari si nenek yang baru masuk sampe pulang lagi, so sweet banget mereka, kayak orang pacaran.. Uuuuhm, apa yang nenek mau si kakek selalu siap siaga buat memenuhi keinginan nenek dan manjain si nenek. Kalo ngomong mereka bisik2 lagi, trus kalo tidur mereka diatas tempat tidur pasien berduaa. aaaaaa kasih sayang mereka tampaknya ga pernah pudar hingga usia senja, azeeee hihi pengen seperti ituuuu ^^
  • Pasien post operasi, ngeluuuuh terus, teriak2 sampe mengganggu pasien lainnya. Kalo lagi dinas malem, aku jadi ga bisa tidur, yah sebenernya hampir tiap dinas malem juga ga bisa tidur, abisnya kerjaan banyak, cairan infus mesti selalu diganti, ada pasien yang kontrol istimewa tiap setengah jam, ada yang teriak2 ya kayak pasien ini, apalagi harus melakukan injeksi tengah malem -,-"
  • Pasien muda, lebih muda 2 tahun dari aku! Dan dia adalah pasien yang mengalami abortus, ternyata dia pengantin baru yang menikah muda. Makanya temen2, jangan melakukan pernikahan dini, PUP dong Pendewasaan Usia Perkawinan yah, kalo cewek minimal 20th, cowok minimal 25th, abortus itu ya salah satu resiko nikah dini, ga mau kan? yaudah tunggu matang dan dewasa dulu baru menikah *numpang penyuluhan dikit* :p
  • dll pokoknya macem2 aja tingkah laku pasien itu, ada yang cerewet, ada yang manja, pendiam, hmm berbagai karakter dan sifat mereka membuat aku jadi lebih memahami bahwa kita harus sabar, pantes aja pasien dalam b.inggris itu "patient", artinya "sabar". Yah, baik pasien dan petugas kesehatan harus samasama sabar, pasien harus sabar dengan penyakitnya, petugas kesehatan harus sabar merawat dan mengobati pasien sampai sembuh :)




    2 minggu selanjutnya, aku dinas lagi di RS Bhayangkara. Dapet dibayangin bahwa pasien2nya itu adalah anggota polisi ataupun keluarga polisi, bahkan tahanan alias napi (>_<!) Kufikir disana bakal mengerikan, tapi ternyata enggak sama sekali, apalagi kakak2 perawat dan dokter2nya yang sangat baiikk ^^

    Disana aku sempat kebagian jaga di ruang keperawatan dan ruang IGD.. Ini nih beberapa pengalaman lucu dan menarik yang aku alamin :
    • *lagi baikin infus yang macet* | bu, kalo sakit bilang yaa bu.. | iya sust.. eh sust sust! | iya ibu, kenapa? sakit?? | parfum suster apa? wanginya enak? | gubrakkkk! ehh ibu saya kirain sakit..
    • *lagi mau nyuntik pasien, sang pasien adalah seorang polisi muda* | bg, tolong tangannya dilurusin yaa *sambil ngangkat tangannya* | hayoo mbak ambil2 kesempatan yaa pegang2 tangan saya | yaudah letakin dan lurusin sendiri tangannya kalo ga mau dibantuin | wah mbak nya galak.. | dalam hati *enak aja
    • dll banyak deh pengalamannya, ga terceritakan, apalagi pas dapet giliran jaga di IGD.. itu pasien gawat2 semua, ada balita yang kelindas mobil lah, ada suami yang ditusuk istrinya pake kunci mobil lah, macem2, apalagi pasien fisum, aneh2 aja kejadiannya, ckck.
    Yang perlu diingat, kenapa yaa, kalo udah pake baju "putih putih", rasa berani itu muncul dengan sendirinya.. Terus rasanya seneeeng banget, kalo pasien itu sehat, pulang ngucapin terimakasih sama kita, atau setiap kita ngelakuin tindakan misalnya nyuntik atau ngasih obat, pasien itu senang, wah kepuasan tersendiri :) 

    Dinas wajib udah berakhir, sekarang, aku tengah menjalani dinas bebas di RB Hasanah. Jadi pagi sampe sore aku kuliah, sore sampe paginya lagi aku dinas.. wahwah, semoga ga ngedropp yaa kesehatanku. Mama udah wanti2.. Jangan lupa makan, istirahat di setiap kesempatan yang ada, minum vitamin, banyak2 minum air putih.. Iya mamaaaaa, siappp :)

      Tidak ada komentar:

      Posting Komentar

      Jangan lupa komentarnya ya readers, sebagai manusia, penulis juga butuh kritik dan saran positif :D