Minggu, 20 Februari 2011

Seminar kecantikan dan kesehatan kulit

Yap, sesuai judul postingan kali ini, hari ini aku emang mengikuti seminar kecantikan dan kesehatan kulit di Perpustakaan Wilayah Soeman HS Pekanbaru yang diselenggarakan oleh BEM FK UR dengan tema "Kulit Indah Untuk Hidup Lebih Indah". Jadi disini ada 2 orang pemateri, pertama oleh dr.Nana, spesialist kecantikan, dan kedua oleh Dra.Sylvilyana dari BPOM pekanbaru.. keduanya membahas tuntas seputar kecantikan dan kesehatan kulit. Wah, tema yang spontan mengundang banyak peserta yang hadir dari berbagai kalangan, terutama mahasiwi se-Riau, eh mahasiswa juga ada loh, jangan salah. hehe.

Apa? Mau aku bahas isi seminarnya?
Yahh mana aku ingat semuaa..
Hm, yasudah. Aku tulis seingat aku aja yah, soalnya otakku ga mampu ngerekam semua pembicaraan sang dokter tsb. Okey, here it is:

Kulit indah? Siapa sih yang gamau? Pasti kita semua pada mau kan punya kulit indah. Kulit indah itu kulit yang gimana sih? Yang mulus? Yang putih?
Oooh, ternyata definisi kulit indah ga sedangkal itu teman..
Kulit indah itu adalah kulit yang memenuhi standar2 kesehatan kulit, haha nah lho bingung. Yaa, intinya kulit indah itu adalah kulit yang sehat. Kulit yang sehat itu ga berjerawat, bersih, ga terlalu kering dan ga juga terlalu berminyak. Oh iya, kulit berminyak ini bagus, soalnya kata si dokter minyak yang terkandung dalam kulit kita terutama wajah itu adalah cadangan untuk masa tua kita. You know what? Kulit kering ternyata bikin kita cepat keriput loh! Hii.. Jadi bagi yang ngerasa kulitnya kering, pakailah pelembab, tapi bagi yang kulitnya berminyak juga hati-hati soalnya gampang timbul jerawat.

Nah gimana sih memperlakukan si jerawat ini? Hmm.. Sebelum itu kita bahas adiknya jerawat dulu deh, komedo. Hehe. Kenapa dibilang adiknya jerawat? yah karena komedo inilah cikal bakal timbulnya jerawat.. tahap awalnya lah istilahnya. Jadi, jangan diremehin lho si komedo ini. Tetap harus diusir! Caranya? Kalo di salon2 tuh kalo facial kan sering kulit kita dipencet2 dikeluarin komedo nya, segala macam, weitss hati-hati. Komedo yang boleh dikeluarin itu yang gimana dulu? Kalo salon yang ga profesional sembarang ngeluarin komedo mah bukannya tambah mulus, bisa makin meradang tuh kulit seminggu kemudian. Ckck. Terus jerawat jangan dipencet, apalagi dengan tangan kita yang.. hiiy, banyak kumannya! bisa makin parah. Dan untuk ngilangin jerawat ini butuh kesabaran, karena ga sebentar dan ga bisa spontan. Faktor penyebab jerawat ini juga bermacam-macam, ada dari gen, hormon, faktor makanan, kebersihan, dan stress juga berpengaruh.. Makanya jangan jadi org yg stress kalo ga mau jerawatan. Hihi ^.^V

Oiya, masalah kosmetik. Kosmetik itu digunakan untuk membersihkan, mewangikan, membuat sesuai kegunaan, mempercantik tampilan, dan BUKAN untuki mengobati! Jadi, sekali lagi, ga ada kosmetik yang mengobati. Kita harus selektif. Aku inget banget KLIKK dalam memilih kosmetik (Kemasan, Label, Informasi, Kegunaan dan Cara Penggunannya, dan Kadaluarsa). Ga perlu dijelasin satu2 kan? Aku anggap kamu  ngerti yaa :) Terusss, hatihati bahaya mercury dan hidroquinon dimana-mana. Tersebar. Pas waktu sesi tanya jawab, aku tanyain masalah itu tentang bagaimana kita mengetahui bahwa suatu produk itu mengandung mercury, hidroquinon, atau bahan berbahaya lainnya. Dan jawaban si dokter : "Kalau secara kasat mana, kita tidak akan mengetahui suatu kosmetik itu mengandung mercury atau tidak, itu tidak mungkin, kita hanya bisa tes di laboratorium. Akan tetapi, kita patut mencurigai kosmetik yang reaksinya SANGAT CEPAT. Nah, biasanya kosmetik yang seperti itu mengandung bahan2 berbahaya." ujarnya panjang lebar. Kurang lebih seperti itu.

Heeyy, sebelum acara selesai ada doorprize! Ada 5 pertanyaan, dan kelima jawaban yang benar akan diberi hadiah tsb. Wahh, aku jawab soal ketiga kalo ga salah. Pertanyaan dari si dokter langsung sih, aku liat ga ada yang angkat tangan, eh yaudah aku beranikan diri buat mengangkat tangan. Padahal jawaban belum aku fikirin.. Bodo amat. hehe. Eh, alhamdulillah bisa kujawab (padahal asli ngarang bebas!) ckck. Hihi. Lumayan lhoo hadiahnya... Taraaaaaa
yak, mari kita lihat apakah isinya? #penasaran

nahh ini dia, waaa banyak juga yah, ada lip ice antiseptik, lip ice rose sheer, masker, acnes, selsun, pena, dll hhe ^^



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Jangan lupa komentarnya ya readers, sebagai manusia, penulis juga butuh kritik dan saran positif :D