Jumat, 17 Juni 2011

Pemilihan Duta Mahasiswa Nasional 2011

Haaaaaiiiii temantemanku sayaaangg :D
Waahh, akhirnya aku punya sedikit waktu buat ngeblog dan buat cerita ini.. ini nih, banyak yang nungguin aku nge-post tentang ini . hhi . Langsung aja yah gausah banyak cincong, cekidot ;)

Yak, teman2 yang mungkin udah baca tulisan sebelumnya tentang pemilihan duta riau, nah ini kelanjutannya . Setelah Alhamdulillah aku dipercaya utk mewakili provinsi ku ke tingkat nasional, semingguan bolakbalik ke BKKBN Riau buat persiapan materi dan penampilan budaya, finally tgl 7 juni pesawat jam 7, aku dan pasangan duta ku, Angga Geovano Putra, go to Jkt didampingi oleh Bu Yet dan Bu Yas dari BKKBN Provinsi Riau, Bu Dewinny dan Bu Berliana dari Kampusku Akbid Internasional Pekanbaru :)

7 Juni, pukul 07.00
Take off dari Bandara Sultan Syarif Qasim II dan landing sekitar pukul setengah 9 d Bandara Soekarno Hatta...
Welcome to Jakarta !!! \^.^//
7 Juni, pukul 12.00
Kami tiba di Graha Kencana BKKBN Pusat, Jln. Permata No.1. Halim Perdana Kusuma Jakarta, setelah selesai registrasi dan dapet kamar masing2 (aku sekamar ama duta kalsel loh, Sisca namanya, hhi, lgsung nyambung deh bahasa banjarnya, maklum, aku kan bersuku banjar juga :p), kami langsung disuruh ganti baju yg dikasih panitia buat gladi utk pembukaan acara siang ini, daan ternyata disana kami semua diajarin sedikit koreografi, disitu kami mulai berkenalan, dan berbaur ^^

Baruu nyampe auditorium, langsung fotofoto nih para duta putri, hhe narsis yak :p

Dan dimulailah acara pembukaan...

Masing-masing pasangan duta (putra dan putri) dari 33 provinsi diperkenalkan
Pembacaan ikrar duta mahasiswa
Masih 7 juni, pukul 15.30

Dimulailah seleksi tahap awal dari pemilihan duta mahasiswa, yakni tahap presentasi paper. Paper 10 halaman yg udh jauh2 hari dikirim via email ke BKKBN pusat, dipresentasikan semenarik mungkin selama batas waktu 6 menit. ckck. Pada tahap ini banyak peserta yang di cut, gara2 kehabisan waktu.. untungnya aku enggak, pas terakhir baca pantun, pas bunyi tuh gong . hhe . Tapi beneran deh, semua duta pada bagus presentasi nya, kalo aku jadi juri mah bingung nentuin 10 besar.. ckck.

itu akuuuuu, no.urut 42 :D

Oiya, utk lebih mengefisienkan waktu, kami dibagi menjadi 2 kelompok di 2 ruang yang berbeda, dipisah antara putra dan putri. Selesai presentasi sekitar jam 10 malem, ga lgsung istirahat, ndeeeeeh, kami harus gladi lagi utk penampilan dan promosi budaya besok pagi.. ckck. Alhasil aku cuma tidur sekitar 3 jam saja, karena subuhnya aku mesti dandan dan nyanggul rambutku =.="


8 Juni, pukul 07.00
Semua duta udah berkumpul dan prepare buat penampilan masing2.. Disana dinilai bagaimana kekompakan pasangan duta waktu berjalan di catwalk, mempromosikan budaya dan pariwisata provinsi masing2, dan penampilan yg keseluruhan waktu disediakan selama 7 menit.

Kanda dan dinda dengan bangga lagi mempromosikan Riau nih ^^
Sebuah tarian, zara zapin dengan iringan alat musik jimbe :")
Aku lagi nari-nari, gabung ama duta provinsi lain, seru banget! :D
Lama kelamaan yg lain pada ngikut, sampe stage penuh sesak, nari bareng mulai dari tari papua sampe poco-poco :p


8 Juni, pukul 11.30
Hwaaaa, pengumuman 10 besar...

Deg-degan nih.. Masuk enggak yaa? (ngarep sih nama kepanggil alias masuk, sambil terus berdoa)
Alhamdulillah masuk!!! horeeeee :D Fiuh, finally, sekali lagi, thankyou Allah :) Ini 10 besar yg putri.

8 Juni, pukul 13.45
Tahap kedua seleksi, yaitu tahap penyuluhan. Finalis 10 besar duta ga tau bakal dapet topik apa buat penyuluhannya. Karena topik akan dicabut oleh finalis itu sendiri, dan setelah itu langsung penyuluhan. Hal ini berarti, para duta, harus siap apapun topik yg didapat, siap ga siap, haruss siap, ndeeeeh stress banget darl . ckck . Penyuluhan juga harus disampaikan dalam batas waktu 6 menit . Tau ga readers, topik apa yg ku dapat? PERNIKAHAN DINI! assiiiiiikk, aku kan sangat menguasai topik itu, hhihihi, Alhamdulillah, legaaaaaa bangettt :))

Ternyata gini yaa muka aku lagi stress nungguin giliran dipanggil, hahah, tertekan batin . ckck
Di awal penyuluhanku, aku sempat menyanyikan lagunya Agnes "Pernikahan Dini" loh! hhi. Dan berinteraksi dengan audience ;)

8 Juni, pukul 17.00
Setelah stress dengan tahap penyuluhan tadi, finally, semua duta diajak shopping ke ITC Cempaka Mas, ckck. Masa waktu shopping cuma 1 setengah jam sih?? Mana cukuuup.. Akhirnya aku cuma beli beberapa aksesoris dan sedikit oleh2, dan sisa waktu yang tersedia, aku memilih makan di McD bareng duta lain ^^

Riau, Sumut, Sumsel, Jambi, Sulut ^^

Oiya, kami di bagi menjadi 2 kelompok, bus A dan bus B. Jadi, disuruh bikin yel2 gitu masing2 kelompok, di tandingin yel kelompok mana yang paling bagus. Lah, mulai heboh lah kami di bus sepanjang jalan.. Jauhnya perjalanan ITC-Dian Graha jadi ga kerasa karena kebersamaan kami, kebetulan aku termasuk dalam kelompok bus A, dan yel2 kami itu heboh dan unyuu sekaleee menurutku, hihi, pantesan ajalah kelompok kami yang menaang, aloa aloa aloa sembewa ^^

Keliatan banget muka capeknya, tapi tetep eksis aja nih :p
Pulangnya mah tetep gladi lagi gladi lagi buat acara pengumuman 5 besar dan penutupan. Selesai kira2 tengah malem, ga lgsung bobok, kami para duta bikin acara sendirii.. ngumpul gitu, bicarain korwil, perpisahan, dan foto2, ini kan malam terakhir temaaan, hikz hikz, ga kerasa yah :(

9 juni, pukul 07.30
Pengumuman 5 besar... Bbbrrrrrr

Sesaat sebelum pengumuman 5 besar.. are u ready?
Saat pengumuman 5 besar sungguh menegangkan.. *lebay
Alhamdulillah!! aku masuk lagi, makasih doanya, hmm inilah 5 besar duta mahasiswa putra dan putri nasional ^^
9 Juni, pukul 08.00
Finalis yg masuk 5 besar disuruh buru-buru ganti baju batik untuk tes tahap terakhir yakni pengetahuan umum dan bahasa inggris . Gelabakan deh aku ganti baju sana sini . Di tahap terakhir ini, finalis akan diberi waktu 10 menit untuk menjelaskan suatu topik tentang pengetahuan umum dan juri akan menanyakan beberapa pertanyaan . Nah, sama seperti penyuluhan, topik dicabut lagi dari tuh tabung kaca, ohh Tuhaaan, ini lebih deg2an lagi, masalahnya selain pengetahuan umum untuk mengetahui seberapa luas wawasan kita, kita juga dituntut bisa berbahasa inggris, karena walau bahasa Indonesia diperbolehkan, dalam persyaratan tertera bahwa jawaban yang disampaikan dalam bahasa inggris akan mendapat nilai + .
But, kurang beruntungnya aku, topik yang kudapat adalah topik yg kurang sering ku dengar beritanya, mana di awal pas juri menanyakan bahasa, aku dah bilang "I'll try in english" lagi. Tau ga, aku dapet tentang HUMAN TRAFFICKING IN INDONESIA !!! Huaaaaaa susah sekali saudara2 T_T Dibandingin peserta2 sebelumnya yang dapet tentang dampak sinetron thd remaja lah, KB, kepadatan penduduk, komodo island, pancasila, dll.. Perdagangan manusia ini sulit sekali. Namun, aku mencoba untuk tetap bisa memberikan penjelasan mengenai topik itu dan menjawab pertanyaan2 juri, sebisa mungkin, in english, dalam waktu 10 menit itu, ggrrrhhh . Allah tau aku udah ngelakuin yg terbaik yg aku bisa, so, no problemo lah, aku puas :')

Sambil jalan-jalan dan ngomong itu aku sambil mikir "duh, abis ini mau bilang apa lagi ya, terus apa lagi ya"
Pada liat kan tuh tabung kaca di atas meja, yg berisi gulungan kertas yg bakal kita ambil dan nentuin topik yg kita bahas

9 Juni, pukul 11.00
Saatnya juri rapat untuk menentukan juara.. Sambil menunggu dewan juri, untuk mengisi acara, beberapa duta yang pengen tampil dipersilahkan tampil . Dan aku salah satunya, hhi. Aku nyanyi lagunya Ten2Five yang "I will fly" dengan diiringi gitarnya Angga .

Yihaaa, *sok ngartis* haha :P
Hayoo smua nya ikut nyanyiiii ^^
9 Juni, 11.30 s.d. selesai
Tibalah saatnya penutupan sekaligus pengumuman pemenang, mulai dari peringkat 1 sampai 5...

ke-33 provinsi dipanggil satu persatu
Ada koreo dulu sdikit.. manteb manteb :D
Tiba saatnya pengumuman juara.. Hmmmmm
Para alumni, termasuk duta tahun lalu membawakan plakat dan hadiah untuk para pemenang
They are the big 3, duta nasional putra adalah Agung (Jateng) dan putri Yosefin (NTT), congratss :D
Alfin Setiadi (Kaltim) dan aku Intan Fandini (Riau) mendapat peringkat 5 nasional, dapet uang dan piagam, Alhamdulillah ^^
Yaaahhh, acara pun selesaai. Hikz hikz. Saatnya duta berpisah..saatnya duta berpisah :'(

Terimakasih Angga (duta mahasiswa putra riau) yg selalu mengingatkan the magical words kpd saya, HAHAH. Kemenangan ini bukan kemenanganku sendiri, tapi kemenangan kita bersama sebagai duta Riau :)
Terimakasih mas Helmi dan ka Anggi (duta nasional tahun lalu) atas dukungan dan masukan2nya :)
Terimakasih Bu Na, Bu Win (Dosen Akbid Internasional) Bu Yet, Bu Yas (BKKBN Riau) yg merupakan pembina-pembina luar biasa! Tanpa ibu-ibu semua, intan ga bisa apa-apa, dan ga ada apa-apa nya :)
Terimakasih teman-teman duta se-Indonesia yg udah mau saling berbagi, kalian semua HEBAT! :)
Sebelum berpisah, foto pose alay dulu, ada lima pose, ini pose kelima! hhe :P luculucu
Sehabis itu, berat rasanya ninggalin tuh ruangan.. Sempet foto2 dulu, salam2an dulu, peluk2an dulu, sedih deh.. Huhu. Aku pasti kangen banget sm semuanya! :(
Ku harap persahabatan kita ga sampe disini aja sobat, tapi kita ga akan lost contact kok, kalo ada acara pertemuan duta kan kita bisa kumpul lagii :)) See u soon yaaa :*

Balik ke daerah masing2, lakukan perubahan sm diri sendiri dan teman sebaya kita, jadilah remaja tegar --> remaja yang menunda usia pernikahan, berperilaku sehat, terhindar dari resiko seksualitas, Napza, HIV AIDS, bercita-cita mewujudkan keluarga kecil bahagia sejahtera dan menjadi contoh, model, idola, dan sumber informasi bagi teman sebayanya.
Kita sebagai figur duta mahasiswa diharapkan mampu membantu menyukseskan program BKKBN.



salam duta, salam GenRe, Generasi beRencana! ^^
Duta Mahasiswa Putri Riau 2011

Intan Fandini

6 komentar:

Jangan lupa komentarnya ya readers, sebagai manusia, penulis juga butuh kritik dan saran positif :D