Minggu, 22 Juli 2012

Forum Indonesian Youth Conference (3-6 Juli 2012)

Lama ga nyentuh ni blog, sekarang kebetulan punya waktu yang luang, hari minggu, puasa, dan ga dinas, PAS. Jadi mau post sedikit about IYC, Indonesian Youth Conference yang diadain di House Of Eva, Jakarta. Udah ada yang nunggu juga sih postingan ini, kebanyakan mereka pada penasaran apa aja yang dilakukan para duta dan delegasi selama kegiatan ini. Hmmm.. Mudah2an bisa menggambarkan. Cekidot!



Selasa, 3 Juli 2012
Kedatangan para duta, welcoming night..

Para duta dan delegasi masih pada jaim nihh, hehe
Nah, temen2 bisa lihat, welcoming night itu semuanya memakai baju batik, khas Indonesia.. tapi sayang bangett pesawatku delay sekitar 4 jam (sabar sabar.. -_-) dan ditambah lagi Jakarta macetnyaaaa ckck, so, aku telat dateng dehh dan ga ngikutin welcoming night ini, pas aku dateng semua udah pada bubar.. Ga semua sih, ada juga beberapa yang masih stay :)

Tengah malem ngeronda sama temen2 duta lainnya, yang juga sebelumnya udah deket karena komunikasi via BBM. Jadilah reuni grup malem itu, ada Ka Bob (Kepri), Bli Wahyu (Bali), Adit (Jkt), Ka Fandi (Sultra), dll deh.. Nyobain makanan oleh2, ketawa2 sampe kira2 jam 12 malem baru kita tidur. Hehe. Itupun karena panitia udah nyuruh tidur, karena besok musti bangun pagi.

Rabu, 4 Juli 2012
Dimulailah sesi-sesi dengan pembicara yang luar biasa..
Pertama, SESI VOLUNTEERING oleh Ka Pande Putu Setiawan.

Ini bukan Ka Pande, tapi Ka Saskia, dia MC forum yang kocak, hhe

Nah ini baru Ka Pande, beliau udah jadi volunteer lama di pelosok Bali, salut deh ama Ka Pande ini, walau lulusan luar negri, S2 pula, tapi rasa kemanusiaannya itu lho. Anak alam banget :)

Foto bareng duta dan delegasi bersama Ka Pande ^^

Setelah Break 15 menit, kita lanjut ke sesi selanjutnya, yakni SESI LEADERSHIP

Ini pembicara sesi leadership, keren banget

Nah disini, kita dituntut untuk menganalisa suatu kisah kepemimpinan orang2 terdahulu dan menentukan sifat2 baik dan buruk dalam kepemimpinannya dan kitapun dibagi dalam beberapa kelompok..

Perwakilannya menyampaikan hasil, ini Bli Wahyu (Duta Bali) yang lagi presentasi hasil team nya..

Ini beberapa wajah temen2 yang lagi meratiin temen presentasi, hehe

Nah, ini aku yang lagi presentasi hasil diskusi team ku, apadeh wajahnya begitu -_-

Lanjut deh selesai ishoma, langsung ke SESI TEAMWORK & TEAM BUILDING
Pembicaranya adalah Bambang Mickey, manggilnya emang harus "Bambang Mickey" tanpa ada embel2 pak, bang, mas, apalagi om ( emangnya gue pernah nikah sama tante lu? begitu katanya ) haha. Dan kenapa Mickey, katanya itu telinganya seperti Mickey Mouse hihi



Nah, ini dia si Bambang :))

Ketawaaa teruussss di sesi ini

Kalian tau aku dipanggil apa sama Bambang Mickey? "Wanita sakinah mawaddah warahmah" haha ya Allah ada2 aja nih Bambang, padahal kan yang berjilbab ga cuma aku aja, gegara beliau aku dipanggil dengan sebutan itu juga sama duta2 lain ckck -_-

Discussing..

Bambang lagi ngajarin cara sukses, yaitu saling ngedoain dengan cara berjabat tangan dan ngucapin doa, kita semua disuruh saling berjabat tangan juga dan ngedoain.

Selanjutnya adalah SESI PRESENTATION SKILLS

Ini dia pembicaranya, lupa namanya, yang jelas beliau udah ga diraguin lagi deh presentation skills nya ;)

7 ALASAN MENGAPA ANDA HARUS MENGUASAI PUBLIC SPEAKING SEKARANG !

Cara berdiri yang baik dan benar diajarin nih disini, beda antara cewek dan cowok, cara memegang mic, pandangan mata harus ke alis audience, dan lain-lain deh banyak

Yang anak public speaking antusias banget mukanya -_- cc: Ka Fandi (Duta Sulawesi Tenggara) haha


Foto bareeeng, agenda wajib ^^

Lanjut apa lanjuut? Lanjut dong! Naah, di malem harinya adalah SESI MEDIA NETWORKING, daaaan pembicaranya adalah Mbak Vivid! Yang dari majalah Aneka Yess itu lhooo ;)
Tapi, sebelum mulai sesi, aku dan kelompokku dapet hukuman dari Games Cerdas Cermat "How Indonesian are you" gara2 kalah, jadinya kita buat yel2 super dadakan deh, dan idenya dari Adit (Duta Jkt)

Inilah team kita, tetap bangga meski kalah haha :))

Pemuda Indonesia??

Kuat! Seperti gajah!!! #prokprokprok haha

Ini dia Mbak Vivid lagi menjelaskan

Rugi dooooong kalo ga foto bareng, hehe :p

Kamis, 5 Juli 2012
Pagi-pagi bangun dan sarapan dan langsung mulai SESI FUNDRAISING & FINANCIAL MANAGEMENT, pembicaranya adalah Dodi Hananto, owner nya KINARA dan kita banyak dapet ilmu tentang bisnis..

Ini dia Pak Dodi Hananto, suaminya Mbak Ligwina Hananto yang juga akan jadi pembicara di Festival IYC tentang Ekonomi dan Kewirausahaan,wahh :O

Resha (Duta Papua) sedang mengajukan pertanyaan

Again and again, foto bareng Pak Dondi ^^

Kenarsisan yang berlanjut, haha

Selanjutnya adalah SESI PENDIDIKAN SEKSUALITAS
Wow! jangan mikir macem2 dulu. Aku nyambung banget nih disini, lantaran udah jadi makanan sehari-hari di kampus tentang materi ini, materi lho yaaa bukan praktek hehe #AnakKebidananNgomong





Selanjutnya adalah YOUTH WISH.. kita menuliskan harapan kita di selembar kertas, kemudian menggantungkannya di pohon harapan..

Tebak ini tangan siapa yang lagi nulis? Hehe

Gantungkan harapan setinggi-tinggi, nasib yang punya badan yang.. ehm.

Nice wish dari Nur'aini (Delegasi Yogya) aamiin ^^

Semuanya harus punya harapan yaa..

Inilah pohon harapan kita..

Kemudian dilanjutkan lagi dengan SESI PROJECT MANAGEMENT, nah ini pembicaranya Yoris Sebastian lho! Tau dong? Yang ga tau, go googling dehh -_- Beliau merupakan manager sukses termuda Indonesia.

Ini dia pembicara kita, Yoris Sebastian

Ayo buat proposal yang baik

Memperhatikan dengan serius



Selanjutnya adalah SHARING SESSION duta IYC 2010 oleh ka Valentina Sokoastri dengan project "Sanggar Juara"nya dan ka Febby dengan project "1 Book 1000 Smiles". Nice sharing kk, terimakasih udah mau berbagi ^^

Ka Valen !

Ka Feby !
Selesai sharing, dilanjutkan dengan menulis project masing2 duta dan delegasi di selembar kertas kemudian ditempelkan di peta sesuai dengan provinsi masing2. Agar kita inget, bahwa kita punya project yang harus dilaksanakan, demi sebuah perubahan yang lebih baik :)

Kertas-kertas yang sudah ditempel berisi project masing2 duta dan delegasi :')

Boys only

Girls only

Naaah, malamnya nih ada presentasi dari pihak Intel. Kemudian ada curhat IYC oleh Ka Cepot, Ka Citra Natasya, Ka Deycil, dan Ka Rifat.. So inspiring, keep inspiring ya kak ;) Malam itu, kita dibuat semangat dengan meyakinkan diri kita bahwa kita benar2 bisa merealisasikan project kita, masing2 meneriakkan namanya, sifatnya menurut temennya, dan projectnya. Teriakan ku begini :

     "Intan Fandini, peduli, akan mengkampanyekan program GenRe di Provinsi Riau!"

Yang lain juga berteriak begitu dengan semangat, ahh jadi kangen ._,





Jum'at, 6 Juli 2012
Project Showcase: Presentasi Duta dan Delegasi
Nah, disinilah momen kita semua mempresentasiin apa2 yang mau kita lakuin 2 tahun ke depan untuk provinsi kita. Yang nantinya akan dipertanggungjawabkan.. Terutama bagi duta (pake tandangan kontrak lho!), apabila project nya ga dilakukan, bakalan dapet sanksi berupa.. berat pokoknya! haha.

With Ka Yori, Penanggungjawab Forum IYC 2012



Are you ready guys?

Hoaaah, lumayan capek juga ngetiknya.. Kurang lebih begitulah suasana forum IYC yang sangat kekeluargaan :') Kebayang kan padetnya jadwal, dan masih ada next posting about Forum's Day Trip, Cultural Night and Festival IYC. Tunggu aja yaaa..

Semoga project kita terlaksana dengan lancar,
Semoga bisa melakukan perubahan, amin..

Duta IYC 2012 - Riau


Intan Fandini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa komentarnya ya readers, sebagai manusia, penulis juga butuh kritik dan saran positif :D