Selasa, 06 Maret 2012

Pelatihan Pendidik dan Konselor Sebaya (@ STAR PKBI Riau)

Assalamualaikum, hollaaa readers. Jumpa lagi nih di blog.. Ckck silaturrahim ceritanya.
Cuman pengen share kegiatan aku yang kemaren nih, 2 hari pelatihan yang seru banget lah pokoknya, langsung aja kayaknya yah. Begini kronologisnya *ehm angkat alis sebelah ;)




Hayoo meratiin apaan? Costumnya? Ada naruto, superman, batman, koboy, prince of persia, si pitung, sultan hasanuddin, dll. Lucu ya? Hhe. Buat seru-seruan, ini pelatihan bukan sembarang pelatihan lho, kalo pelatihannya STAR itu emang oke punya, dijamin seru dan banyak ngakaknya disamping ada seriusnya juga :p


Hari pertama itu sabtu tanggal 3 maret kemaren, dan dress code untuk hari pertama itu adalah "warrior". Hwaaah gelabakan aku mikirinnya, mau pakee apaan ini. Aku kan berjilbab, jadi kalo mau cari tokoh warrior yg berjilbab kayanya ga ada deh, entahlah, ada ga? siapa?


Setelah googling sedikit ternyata ada beberapa warrior yang keren. Xena Warrior Princess! Yak, itulah pilihanku. Dengan memanfaatkan kostum yang ada di rumah dan sedikit koleksi aksesorisku. Alhamdulillah yah si Xena yang biasanya berpakaian sexy kini sudah berjilbab hahahaha






Asli maksa banget yah kostumnya hihi namanya juga dadakan :p

Soal kostum adalah soal seru-seruan aja, tapi yang terpenting kan ikut pelatihannya, hari pertama itu kita dijelasin tentang konsep kerelawanan, tentang STAR PKBI itu sendiri, pembuatan slide yang menarik, serta tentang menjadi fasilitator dan pendidik sebaya. Ga hanya materi melulu, ada games, break, dan makan-makannya juga hehe.





Nah, di hari kedua itu sebenarnya kostumnya "hobby". Jam 7 pagi mesti udah di STAR.. Tapi jam berapa aku datang saudara-saudara? Ga usah disebutin lah yaa haha malu, telat banget dan itu gara2 alarm kehabisan batre jadinya ga bunyi sama sekali akhirnya kebablasan bangunnya telat, ckck. Mana mesti nyiapin materi buat micro teaching lagi, dan aku dapet materi tentang "Gender". Hm, cukup berat, but I must be able to do that :)





Alhamdulillah aku fasilitator terbaik ketiga haha. Kata bg anton, penguasaan materi aku udah bagus, cuman pas presentasi seperti dosen, jd suasananya kayak kuliah gitu, hihi. Oke itu dijadiin pembelajaran buat ke depannya bisa lebih fun! :D makasih bg anton :)

Di hari kedua ini kita diberi pembekalan tentang bagaimana teknik pelaporan, teknik konseling bagaimana menjadi konselor yang baik. Pada saat roleplay, aku diminta menjadi konselor dengan kliennya si Emil datang dengan masalah hamil diluar nikah..





Setelah semuanya selesai, baik materi, roleplay dan micro-teaching masing2 peserta pelatihan, saatnya mengumumkan sahabat rahasia nih guyz. Iya, jadi hari pertama kemaren cabut undi gitu siapa sahabat rahasianya, jd kita nyiapin hadiah dan boleh memberikan surat kepada sahabat rahasia kita.. Dapet coklat pun jadi :p Setelah itu, barulah menyusun program masing2 divisi baik itu divisi konseling, KIE-A (radio, tutorial, media)..


Nah, ini sahabat rahasia aku nih, namanya Ibnu, dia satu divisi sama aku di Divisi Konseling :)


Mari menuliiisss..
Oke, segitu aja ya, ceritanya, ini lagi di kampus, nulisnya di sela-sela istirahat kuliah. Harapan aku sih bisa menjadi konselor yang lebih baik setelah pelatihan ini.. Amin o:) Semangaaattt !!

2 komentar:

  1. Keren template nya,

    jgn lupa kunjungi juga my blog ya :)

    www.luph_enda.blogspot.com

    salam remaja

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasiih :)
      itu link blog kamu gabisa dibuka lhoo..

      salam remaja .

      Hapus

Jangan lupa komentarnya ya readers, sebagai manusia, penulis juga butuh kritik dan saran positif :D