Rabu, 28 Maret 2012

Ga nyangka kepilih jadi Duta Forum IYC 2012.. Alhamdulillah :)


Indonesian Youth Conference (IYC) adalah konferensi anak muda Indonesia yang akan diselenggarakan di Jakarta pada tanggal 2 sampai 8 Juli 2012. IYC bertujuan untuk menjadi wadah bagi anak muda Indonesia untuk berani berpendapat dan belajar mendengarkan pendapat orang lain.
IYC terbagi menjadi dua rangkaian kegiatan, yaitu Forum dan Festival. Festival IYC akan diselenggarakan pada tanggal 7 Juli 2012 di Jakarta. Festival ini terdiri dari seminar, workshop, pemutaran film, pertunjukan musik, tari, peragaan busana, dan bazaar, yang terbuka untuk umum.
Sementara itu, Forum IYC akan diselenggarakan pada tanggal 2 sampai 6 Juli 2012, di mana IYC akan mengundang anak muda Indonesia dari seluruh Indonesia untuk mewakili provinsinya masing-masing. IYC berharap perwakilan provinsi ini dapat membuat perubahan di lingkungannya masing-masing, dan membawa pengaruh positif bagi sekitarnya setelah IYC berakhir.

Siapa yang Kami Cari?

Apakah kamu remaja yang peduli dengan lingkungan sekitarmu? Apakah kamu ingin membuat perubahan menuju Indonesia yang lebih baik? Apakah kamu aktif di berbagai kegiatan dan/atau komunitas? Apakah kamu ingin belajar dari peserta lain dari seluruh Indonesia yang juga aktif di komunitasnya masing-masing?
Jika kamu menjawab YA terhadap semua pertanyaan di atas, berarti kamu memenuhi kriteria untuk mewakili provinsi kamu di IYC.
Secara umum, persyaratan menjadi Peserta Forum IYC adalah sebagai berikut:
  1. Berusia 15 sampai 23 tahun pada bulan Juli 2012.
  2. Bisa berbahasa Indonesia dengan fasih.
  3. Bisa menghadiri IYC di Jakarta pada tanggal 2-7 Juli 2012.
  4. Berdomisili di provinsi yang diwakilkannya.
  5. Memiliki pengetahuan yang cukup mengenai provinsi yang diwakilkannya.
  6. Peduli terhadap lingkungan sekitar dan aktif melakukan perubahan melalui berbagai kegiatan dan komunitas/organisasi.
  7. Berkomitmen untuk melakukan gerakan atau proyek di provinsi masing-masing.
  8. Berkomitmen untuk membuat perubahan menuju Indonesia yang lebih baik.
Sumber: http://indonesianyouthconference.org/

Aku mendapatkan informasi mengenai IYC ini pertama kali dari pacar, beberapa teman, dan grup di facebook yang dishare sama Kak Eel dari PKBI, iseng-iseng akupun mencoba mengisi formulir secara online, dan menjawab pertanyaan essay yang.. (sangat banyak sekali!) dengan sabar. Dan itu menghabiskan waktu 2 hari untuk merampungkan pengisian formulir. Ckck.

Kufikir, aku ga keterima jadi duta forum IYC ini. Saingan pasti banyak dan aku ga terlalu berharap menang, berharap sih, tapi ga terlalu. Ehehe takut kecewa lah kalo terlalu berharap, jadi hasilnya biarlah Allah yang nentuin, yang penting mencoba dulu :D

Namun, apa yang terjadi? Sekitar seminggu sebelum pengumuman resmi tanggal 19, malem-malem lagi santai di kamar dan dapet telfon dari nomer ga dikenal. Pas diangkat, ternyata dari pihak IYC yang menyatakan bahwa aku masuk 66 besar duta forum IYC ! Wah spontan aku kaget. Dan lebih kagetnya lagi, detik itu juga aku di interview buat nentuin 33 besar duta yang akan mewakili provinsi masing2. Ga ada persiapan sama sekali, ngomong apa adanya aja.. :)

And, you know what..?
Di tanggal sembilanbelas itu.. Someone phoned me then informed me that...



Alhamdulillah.. Terimakasih ya Allah.. Aku terpilih menjadi Duta Forum IYC 2012 perwakilan Riau. Unbelievable! :D

Dan sekarang.. Aku harus memikirkan project apa yang pengen aku lakuin untuk provinsi ini untuk dipresentasiin disana.. Hmm. Temen-temen ada ide? Boleh komen dibawah postingan ini.. atau email ke inntannfanndinni@yahoo.com yah :)

Dan semoga aku dapet izin dari kampus untuk mengikuti forum ini.. Karena ga banyak anak muda Indonesia yang beruntung mendapat kesempatan baik ini.. Amin ya Allah .

Buat yang pengen ikutan, masih ada pemilihan delegasi tahap kedua itu . Kalau duta udah gabisa lagi temen-temen. 2 tahun lagi baru bisa ikut.. Bisa di cek di situsnya yah :)






So glad to get it..

Intan Fandini

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Jangan lupa komentarnya ya readers, sebagai manusia, penulis juga butuh kritik dan saran positif :D