Sabtu, 13 Oktober 2012

Dapet dinas di Instalasi Bedah itu sesuatu!

Alhamdulillah dinas wajib selesai juga, dan itu menjadi dinas wajib terakhir yang dijadwalkan kampus. Soalnya udah mau nyusun *what? nyusun? bahasanya haha.  Ada 1 PKL lagi sih, ntar di desa, dan belum tau desa apa. Yang jelas dinas di RS udah ga ada lagi.. Palingan dinas di RB atau BPS..

Nah, dinas terakhir selama sebulan itu kebetulan aku dapet 2 rumah sakit, RS Bhayangkara dan RSUD Arifin Ahmad Pekanbaru. 2 minggu di Bhayangkara gak banyak yang berubah dari taun lalu, dan temen2 bisa baca ceritanya di postingan yang ini -->  http://intanzmetamorphosa.blogspot.com/2011/10/sebulan-dinas-wajib-next-empat-bulan.html .

Nah, 2 minggu terakhir aku dapet dinas di Instalasi Bedah Sentral ( IBS ).  Hwaaaa awalnya sempet takut dan harap-harap cemas. Bakalan ngadepin pasien operasi tiap harinya, bakalan liat darah dan anatomi segala macem. Berani?







Gambar diatas adalah ruangan bedahnya, di RSUD bagian IBS itu ada 6 kamar operasi atau biasa disebut OK. Yang fungsinya bermacam-macam tiap ruangan, mulai dari OK 1 tentang gigi dan mulut, sampe ke OK 6 tentang mata. Kalo tentang jurusan aku Kebidanan, itu di ruang OK 5, obgyn. Disanalah aku banyak mendapat ilmu tentang SC (sectio caesarea). Sebelum operasi, kita persiapan ruangan dan alat dulu pastinya.





Di ruangan bedah, yang perlu dan paling penting buat kita perhatikan dan laksanakan adalah kesterilitasan alat. Ya namanya juga bakalan langsung berhubungan dengan bagian dalam tubuh pasien, semua harus steril. Di ruangan, kita wajib pake baju OK, masker, shower cup, dan sandal. Kalo enggak? JANGAN HARAP BOLEH MASUK KAMAR OPERASI! Kalo keluar dari IBS, harus ganti baju dan kembali memakai baju non OK. Ya kalo kk pegawai kembali memakai baju pegawainya, dokter kembali memakai baju dan jasnya, kalo mahasiswa dan mahasiswi seperti kami kembali memakai baju putih-putih.


Awalnya takut dimarahin kalo ambil foto, jadi ambil dari kejauhan saja





Akhirnya dibolehin kok, hehe, asal gak ribut dan gak ganggu operasi. Ini operasi atresia anii, ga ada lubang anus, jadi mau dibikin anusnya pada anak laki-laki usia 3 tahun.


Nah ini adalah tumor endometrium setelah diangkat, yang akan aku awetkan pake formalin
Dan disana kita itu sebagai mahasiswa/i kesehatan bertindak sebagai asistennya asisten dokter. Hehe, bingung? Yang jelas kita berada di dalam ruang operasi juga dan membantu kerja dokter dan perawat disana, baik itu alat-alat, pasien pre dan post operasi dan segala macem. Selain ada anak-anak Akbid Internasional, yang dinas juga ada mahasiswa/i dari STIKES Payung Negeri, ada dokter ko-ass dan ada kk PSIK yang ambil ners :)



Ternyata ruang bedah gak seseram yang dibayangin..
Malahan nagih buat dinas disana! hehe


Intan Fandini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa komentarnya ya readers, sebagai manusia, penulis juga butuh kritik dan saran positif :D