Kamis, 09 Januari 2014

Celebrate! Hari Aids Sedunia 2013, dance4life!



Bercerita tentang dance4life, merupakan suatu kehormatan bagiku untuk pertama kalinya launching dance4life Riau berkesempatan untuk menjadi leader mewakili STAR PKBI bersama kak ari yang mewakili PCMI. Apa itu dance4life?

dance4life adalah gerakan berskala internasional oleh anak muda  yang sudah dan sedang dilakukan di 30 negara di dunia termasuk di Indonesia. dance4life memiliki visi untuk meningkatkan kesadaran mengenai HIV dan AIDS, mengajak rekan sebaya berperan aktif menjadi agen perubahan dalam penanggulangan HIV dan AIDS, serta  menghapus stigma dan diskriminasi terhadap ODHA (orang dengan HIV dan AIDS). Saat ini, dance4life internasional berpusat di Amsterdam, Belanda.

dance4life Indonesia memulai gerakannya tahun 2010 dan dimotori oleh  YPI, YAI, PKBI Pusat dan RutgersWPF Indonesia sebagai National Concept Owner (NCO). Hingga saat ini dance4life ada di enam provinsi, yakni Jambi, Lampung, Jakarta, Yogyakarta, Papua, dan provinsi keenam adalah Riau.



Nah, dance4life ini ada 4 tahapan nih temen-temen:
  • Inspire, bertujuan untuk memotivasi anak muda agar berperan aktif dalam penanggulangan HIV dan AIDS.
  • Educate, serangkaian workshop interaktif bertema pengembangan diri, pengetahuan dasar mengenai hak dan kesehatan seksual dan reproduksi termasuk HIV dan AIDS, keterampilan bernegosiasi, public speaking, debat, kepemimpinan, dan kewirausahaan,
  • Activate, penyebaran informasi mengenai HIV dan  AIDS kepada teman sebaya, keluarga, dan lingkungan, menjadi relawan peduli HIV dan AIDS dan melakukan berbagai aktivitas penanggulangan HIV dan AIDS.
  • Celebrate, puncak perayaan atas capaian setelah melewati ketiga tahap sebelumnya. Puncak acara berupa pementasan musik dan tari kolosal dance4life yang dilaksanakan menjelang peringatan hari AIDS sedunia, untuk memperkuat komitmen anak muda sebagai agen perubahan dan menghubungkan dance4life Indonesia dengan negara-negara lain yang melaksanakan program dance4life.
Nah, jadi pada tanggal 1 Desember 2013 kemaren, diadakanlah perayaan Hari Aids Sedunia di Car Free Day Pekanbaru. Banyak banget acaranya, ada longmarch, tari dance4life, ada musik dan teater juga lho.





Nah, seru banget kan acaranya? Jangan khawatir, bagi temen-temen yang melewatkan kesempatan ini, masih ada celebrate di taun 2014 yang pasti bakalan lebih seru lagi, gabung di dance4life Riau!

Keep being positive!









Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa komentarnya ya readers, sebagai manusia, penulis juga butuh kritik dan saran positif :D