Minggu, 07 Agustus 2011

Kangeeennn Matematika T_T

Hwaaaaa kenapa yaa kok tiba2 aku kangenn matematika?? Aneh yaa aku, kok kangen bukan sama orang, malah sama pelajaran. Ckck. Tapi mau gimana lagi, emang kayak gitu keadaannya. Udah setahun lebih ga berkutat dengan angka2, biasanya kalo sama temen2 SMA di kelasku IA.1 selalu bersaing cepet2an kalo dah nyelesain soal2 matem yang dikasih guru. Hmmm kangen bangett suasana itu T_T

You know readers? Matematika adalah pelajaran favoritku sejak kecil lho! Kata mama, aku lebih dulu menghafal angka daripada huruf (secara, angka kan lebih sedikitt, hihi)
Gak, aku emang sejak kecil menyukai matematika, SD, SMP, SMA, lomba yang aku ikutin kebanyakan lomba2 yang berhubungan dengan matematika dan hitung2an.. Dan di masa2 sekolah, pelajaran yang paling menonjol nilainya di rapor ku itu biasanya matematika. Terakhir, Alhamdulillah di SMA kelas 3 aku dapet nilai 99 untuk mata pelajaran matematika di rapor ku. Cool....! B)

Nah dulu waktu SD, aku ikut kursus di bimbingan belajar SIP (Sempoa Indonesia Pratama), yaitu belajar berhitung cepat dengan menggunakan sempoa jepang. Mama denger berita di radio ada kursus itu di Tembilahan, trus karna tau aku suka banget ngitung, mama daftarin aku disitu deh, senengg punya mama yang ngerti kesukaan anaknya :* Sejak itu, kesukaanku akan matematika dan hitung menghitung makinn menjadi saja. Aku hampir diikutin lomba sempoa ke pekanbaru ama guru bimbel ku waktu itu, tapi karna aku nya gabisa ninggalin UAS, ga jadi deh.. Hoho. Aku lulus sempoa modul I dengan hasil predikat ISTIMEWA :)

Btw, readers tau sempoa jepang kan? Ini nih biar aku ingetin lagi kalo lupa bedanya sempoa jepang ama sempoa kita yang biasa.. Biar tau bedanya juga..

Ini sempoa yang biasa dipake orang Indonesia, cuma bisa ngitung sampe SERATUS doang kan?
Nah ini dia sempoa jepang, bisa ngitung sampe RATUSAN JUTA, bahkan BILANGAN DESIMAL lho :D
Sudah kubuktikan sendiri, bahwa ngitung pake sempoa jepang lebih cepat daripada ngitung pake calculator! Di Jepang juga demikian penelitiannya. Aku ga boong, beneran. Tapi itu dulu yaaa, waktu aku masih cepet ngitung pake tuh sempoa.. Sekarang kan udah ga pernah ngitung pake itu lagi, ilmu nya masih ada, masih bisa sih gunainnya, tapi ga secepat dulu. Emang bener ternyata yaa, ilmu itu kalo ga diaplikasikan terus, lama2 memudar.. Ckck.

Kenangan tak terlupakan dalam bidang matematika ini adalah saat2 dimana aku mengikuti olympiade matematika, baik di tingkat kabupaten maupun provinsi. Dan yang paling ga bisa aku lupa adalah saat OSN tingkat provinsi tahun 2009 di Grand Elite Hotel Pekanbaru. Karena di tahun itu, olympiade sedikit berbeda, biasanya sih tahun2 sebelumnya langsung lomba aja gitu, kayak pas tahun 2008 itu 3 hari doang. Tapi pada saat aku terpilih lagi mewakili kabupaten inhil di tahun 2009, ada pelatihannya dulu selama seminggu di Grand Elite, baru deh lomba. Kita dilatih oleh beberapa dosen dan team pengajar profesional yang biasa mengajar anak-anak olympiade. Wuahh, pengalaman berharga banget.. Dan disana, kita sesama peserta OSN dari berbagai kabupaten di Riau jadi lebih akrab karena kebersamaan selama 7 hari itu :)

Team olympiade dari Kab. Inhil (Aku-Matem, Farida-Fisika, Rini-Kimia, Prasma-Biologi)
Ini saat break belajar, puyengg banget, jadinya ngopi dulu biar ga ngantuk ;)
suasana lunch anak-anak olymp angkatan 2009
Inii temen2kuu senasib seperjuangan! Anak matem semua ini, yg cowok2 ga mau ikutan fotoo.. malu kali ye
Hayooo bisa gak ngerjain soalnya?
Kangenn woyy Dita, Dika, Melysa, Hana, dll.. Kangenn ngeliat tampang ruwet kita pas pelatihan, hhi :p
Daan readers, kuliahku sekarang ga ada hubungannya dengan matematika. Apa aku salah pilih jurusan? Ooooh mudah2an tidak, aku kuliah di kesehatan atas kehendakku sendiri. Emang sih, aku ga nemuin hitung2an lagi di mata kuliah.. Ada pun paling sedikit bangett dan kurang ada tantangannya. Kalo dulu kan asik tuh bermain di aljabar, matriks, logaritma, sinus kosinus, invers, turunan, dan lain-lain huaaaaaa GAK ADA LAGI! hmmm kapan yaa aku ngerasain serunya memutar rumus dan menciptakan cara baru dan kreatif lagi di matematika :')


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa komentarnya ya readers, sebagai manusia, penulis juga butuh kritik dan saran positif :D