Senin, 27 Desember 2010

Kesempurnaan fisik bukanlah segalanya


Tak ada manusia yang terlahir sempurna
Jangan kau sesali sgala yang telah terjadi
Syukuri apa yang ada
Hidup adalah anugerah
Tetap jalani hidup ini
Melakukan yang terbaik

Masih ingat kah kalian dengan lagu ini? Ya. Lagu D'Massiv ini menjelaskan kepada kita bahwa memang tak ada makhluk yang sempurna, kita harusnya bersyukur dengan apa yang telah kita miliki dan kita terima dari sang pencipta. Tak dipungkiri, kita sering mempermasalahkan masalah kesempurnaan fisik. Akan tiba saatnya kita ga merasa mantap terhadap diri kita sendiri. Mungkin gemuk lah, bongsor, kurus, pendek, hitam. Kita mungkin beranggapan bahwa seluruh dunia memerhatikan kekurangan kita. Kita mungkin merasa malu, seakan sebuah lampu sorot yang besar menyinari semua ketidaksempurnaan kita. Setitik jerawat bisa tampak sebesar bola sepak dan baju yang kurang oke membuat kita ingin menggali lubang dan bersembunyi didalamnya. Kita mungkin merasa malu atau canggung, dan ini mungkin menyebabkan kita sulit bergaul dengan orang lain.

Jadi, bagaimana agar kita merasa mantap terhadap diri sendiri? Kunci untuk menghadapi semua permasalahan ini adalah dengan sikap. Kalau kita ga merasa pede dengan penampilan kita, kita mungkin akan merasa demikian pula dengan segala aspek dalam diri kita. Tapi kalau kita bisa menerima penampilan kita, kita akan merasa mantap juga terhadap diri sendiri dalam bidang apapun.

Para remaja, sayangnya, sering diolok-olok karena penampilan fisik mereka. Kalau ada yang mengolok-olokmu, yakinkan dirimu sendiri bahwa merekalah yang bermasalah. Cuekin aja kata-kata mereka. Orang-orang yang mengolok-olok itu hanya akan mendapatkan kepuasan jika kita bereaksi secara emosional atau merasa sedih. Yang benar-benar penting adalah apa yang terjadi dalam diri kita, bukan apa yang terjadi pada penampilan fisik kita!

Hal pertama yang harus diingat adalah semua remaja melewati masa-masa ketika mereka serba kurang atau serba ga menarik. Jadi, wajar aja kalau sekarang kita merasa begitu, tapi jadi ga sehat kalau kita terus memikirkan hal-hal yang negatif. Dewasalah dalam seluruh aspek kehidupan. Pertumbuhan fisik hanyalah satu bagian dari proses menuju kedewasaan. Jangan buang-buang waktu memikirkan ketidaksempurnaan fisik! Kalau ada langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk tampil lebih menarik, lakukan dan upayakanlah. Namun kalau ada hal-hal yang ga bisa diubah, jangan memaksa, belajarlah untuk menerimanya dan optimalkan apa aja yang kita miliki. Jangan buang waktu untuk berangan-angan memiliki penampilan yang lebih memesona apalagi mencoba menjadi orang lain. Percayalah, ga ada orang yang kayak kamu! Nikmati keunikan dirimu. Dunia ini akan menjadi tempat yang membosankan banget kalau semua orang kelihatan sama.

Kalau mau saran, aku cuma bisa nyaranin pelihara tubuh dengan baik. Sayangi diri sendiri dan rawat tubuhmu. Prioritaskan kesehatan, itu ga hanya akan membuatmu kelihatan lebih menawan, tapi juga kamu akan merasa mantap terhadap dirimu sendiri. Tapi menurutku lagi, inner beauty lebih baik ketimbang kesempurnaan fisik. Lagian, kembali ke awal tadi, mana ada sih manusia yang sempurna. Apa yang tampak indah tak selalu baik, tapi apa yang baik akan selalu indah. Lakukan hal-hal baik bagimu dan orang lain, dan kecantikan sejatimu akan bersinar terang :)

3 komentar:

Jangan lupa komentarnya ya readers, sebagai manusia, penulis juga butuh kritik dan saran positif :D