Jumat, 10 Desember 2010

Ternyata cokelat itu banyak manfaatnya lho...

Beberapa hari yang lalu aku ke mini market.. Niatnya sih cuma pengen beli beberapa keperluan aja, kebetulan stok abis . Eh nyampe disana, ada cokelat yang menggiurkan.. Serasa manggil2 aku minta dibeli ! Haha . Ga tahan godaan, ya aku beli . Walaupun harus merogoh dompet berpuluh-puluh ribu untuk satu bungkus besar cokelat itu, choco almond nut . Hoho . Wahh rasanya enaaaaakkk bgd ! Cobain deh :p

Kalian suka cokelat? Apa yang ada dalam pikiran kalian ketika mendengarkan kata cokelat? enak, manis, kegemukan, sakit gigi, kolesterol atau yang lainnya? Apakah cokelat terlihat selalu membawa dampak yang buruk bagi kalian? Jangan salah duga loh pada cokelat, ternyata cokelat banyak manfaatnya, tidak hanya bagi kesehatan fisik, tapi juga kesehatan psikis. ga percaya? yuk kita cari tau... :)


Yang pertama, cokelat bermanfaat bagi kesehatan jantung kita
Beberapa penelitian ilmiah mengungkapkan bahwa antioksidan berpengaruh terhadap kesehatan yang berhubungan dengan kardiovaskular (jantung), salah satu penelitian yang berhubungan dengan cokelat telah dilakukan, beberapa sukarelawan disuruh makan sejumlah tertentu cokelat dan diperoleh hasil bahwa kapasitas antioksidan total dalam darah mereka meningkat. Hasil ini menunjukkan bahwa dengan makan cokelat maka kita dapat memperbaiki kesehatan kardiovaskular kita. Dua buah senyawa yang berperan sebagai antioksidan yaitu asam oleat dan asam linoleat dalam coklat bertanggung jawab terhadap hasil tersebut.

Kedua, cokelat memperkuat dan melindungi gigi
Walaupun hasil penelitian menunjukkan bahwa cokelat mengandung karbohidrat terfermentasi, cokleat tidak secara mudah menyebabkan caries pada gigi seperti yang kebanyakan dipikirkan orang selama ini.

Ketiga, cokelat dapat menurunkan kadar kolesterol
Walaupun cokelat mengandung sejumlah lemak jenuh, akan tetapi cokelat tidak akan meningkatkan kadar kolesterol dalam darah kita, studi ilmiah menulis bahwa tidak semua lemak jenuh memiliki efek pada kenaikan kolesterol. Hal ini disebabkan karena lemak jenuh pada cokelat umumnya adalah asam palmitat dan asam stearat, asam stearat tidak berpengaruh terhadap kolesterol sedangkan asam palmitat bisa menurunkan kadar kolesterol, jadi jika dibuat kesimpulan lemak jenuh pada cokelat tidak menyebabkan kenaikan kolesterol dalam darah, malah menurunkan .

Keempat, cokelat dapat melindungi kulit dan memberi mood kita
Riset terakhir yang digagas Imperial College London menyebutkan coklat mengandung kadar oksidan tinggi. Kadar oksidan yang tinggi mampu melindungi kulit dari bahaya sinar ultraviolet (UV). Kandungan lain seperti Theobromine baik untuk sistem syaraf dan phenylethylamine memberikan efek pada suasana hati atau mood. Professor Donatella Lippi, peneliti sejarah cokelat dari University of Florence in Italy mengatakan, beberapa tahun belakangan, kandungan alam seperti flavonoids dianggap sebagai obat pencegah depresi. Cokelat juga bisa dimanfaatkan untuk meyeimbangkan konsentrasi kimia pada otak seperti serotonin dan dopamine. Kedua zat kimia itu mempengaruhi mood, selera makan dan prilaku.Tak heran kan kalau kita lagi bete, terutama cewek, sering makan cokelat buat ngusir rasa bete nya .

Kelima, cokelat dapat mengobati hipertensi dan melindungi diri dari penyakit malaria
KK Atsina, lulusan University of Ghana Medical School dalam risetnya menggunakan bubuk kokoa sebagai obat tambahan guna mengobati penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi dan diabetes. Peneliti dari Ghana, Professor F. Kwaku Addai pada dalam jurnal Medical Hypotheses menuliskan rekomendasinya kepada masyarakat Ghana untuk mengkonsumsi dua atau tiga gelas coklat perhari untuk melindungi tubuh dari penyakit malaria.

Terakhir, sekaligus yang terpenting untuk kalian ketahui, cokelat baik untuk nutrisi otak kita
Satu alasan lagi untuk menyukai cokelat baru-baru ini diungkapkan oleh sekelompok ilmuan dari Britain's University of Nottingham School. Mereka mengungkapkan bahwa satu jenis formulasi cokelat tertentu dapat meningkatkan fungsi otak dan memperlambat penurunan fungsi otak pada para lanjut usia. Berbicara di dalam pertemuan tahunan American Assosiation for The Advancement of Science di San Fransisko, para ilmuan tersebut memperesentasikan hasil dari penelitian sebelumnya yang menguji efek flavanol terhadap otak. Flavanol adalah suatu zat yang terkandung dalam cokelat. Penelitian ini didanai oleh salah satu produsen permen cokelat terkenal yang menyediakan larutan kokoa cair berformulasi khusus untuk penelitian tersebut. Dan hasilnya menunjukkan bahwa flavanoid dapat meningkatkan aliran darah ke otak sehingga diduga dapat berperan dalam memperbaiki kerusakan pembuluh darah.


Gimana? Banyak kan manfaat cokelat? Kalau aku sih sering makan cokelat waktu lagi belajar atau ngerjain tugas, cokelat selalu menemani. Kadang lagi bete? Makan cokelat. Lagi suntuk? Makan cokelat. Lagi nonton? Makan cokelat . Hhi. Sebagian besar orang bilang cokelat bikin gemuk, it's oke! Biarin aja aku gemuk-gemuk dikit.. Emang lagi pengen gedein badan kok . Haha . Udah aku jabarin manfaatnya kan? Udah tau? Jadi tunggu apa lagi? Silahkan ambil satu batang cokelat dan nikmatilah :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan lupa komentarnya ya readers, sebagai manusia, penulis juga butuh kritik dan saran positif :D